Gedung Cipta Niaga Cirebon

Gedung Cipta Niaga Cirebon ini letaknya di sebuah jalan kecil persis bersebelahan dengan Gedung Gereja Kristen Pasundan yang berada di pojokan Jl. Yos Sudarso No.10, Cirebon. Gedung Cipta Niaga Cirebon juga merupakan gedung tua peninggalan jaman kolonial yang telah ditetapkan sebagai Benda Cagar Budaya oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Cirebon.




Gedung Cipta Niaga Cirebon merupakan sebuah bangunan bertingkat dua berbentuk kotak simetris kiri kanan dan di bagian tengahnya terdapat menara yang menonjol ke atas, dan di setiap pucak bangunan terdapat konstruksi mengerucut seperti ujung anak panah.




Sebuah tulisan yang menempel di dinding depan yang tampaknya merupakan pemilik gedung ini sebelum digunakan oleh Cipta Niaga. Tulisan itu berbunyi: “Internationale Crediet & Handelsvereeniging Rotterdam”.




Bentuk simetris Gedung Cipta Niaga Cirebon dilihat dari sisi yang lain.




Tampak samping Gedung Cipta Niaga Cirebon dengan jejeran jendela berdaun tinggi yang berada di lantai dua. Dudukan tiang bendera yang terbuat dari besi setengah lingkaran dengan beberapa ornamen sedikit memberi penyeimbang pada bentuk kotak menara.




Papan penanda Benda Cagar Budaya bagi Gedung Cipta Niaga Cirebon, serta informasi bahwa tahun 1911 adalah merupakan tahun dimana Gedung Cipta Niaga Cirebon itu dibuat. Akan lebih menarik, jika dibuat semacam prasasti di sekitar papan ini, yang menceritakan perjalanan sejarah Gedung Cipta Niaga Cirebon dari mulai pembuatan hingga saat prasasti itu dibuat.





Sebuah perjalanan memang tidak sekadar memberi makanan pada mata, namun seharusnya juga pada pikir, rasa, dan jiwa, serta indera tubuh lainnya. Sudah merupakan suatu kemajuan bahwa bangunan tua Gedung Cipta Niaga Cirebon ini telah ditetapkan sebagai Benda Cagar Budaya. Namun sebaiknya tidak berhenti hanya sampai di situ. Pembahasan perlu dilakukan agar Gedung Cipta Niaga Cirebon bisa lebih berfungsi sebagai ikon wisata, dan bisa dinikmati dengan lebih baik oleh para pejalan dan wisatawan.

Gedung Cipta Niaga Cirebon

Jl. Kebumen No. 01,
Cirebon
GPS: -6.7200786, 108.5715026
sumber, http://thearoengbinangproject.com/2010/11/wisata-niaga/