Gereja Katolik Santo Antonius Surakarta

==========================================================
Gereja Katolik Santo Antonius Surakarta atau yang lebih dikenal dengan nama Gereja Katolik Santo Antonius Purbayan adalah gereja Katolik pertama yang ada di Kota Solo.

Hingga saat ini tidak ada data yang jelas kapan gereja ini dibangun, namun setiap tahunnya Gereja Katolik Santo Antonius Purbayan memperingati Hari Jadi/Ulang tahun gereja setiap tanggal 13 Juni.
Tanggal 13 Juni dipilih menjadi Hari Jadi/Ulang tahun Gereja Katolik Santo Antonius Purbayan, karena
dalam tanggal tersebut merupakan hari Santo Pelindung, Gereja Santo Antonius Purbayan. Gereja Santo Antonius Purbayan pada awalnya merupakan Stasi dari Gereja Gedangan Semarang.

( Foto, secapramana.com )
-------------
Letak Gereja yang sangat strategis, yaitu di sebelah Balaikota Solo, dan berada di pusat Kota Solo, menjadikan Gereja Katolik Santo Antonius Purbayan sering dikunjungi oleh umat Katolik dari luar kota.
Selain itu Gereja ini juga dilindungi oleh UU Cagar Budaya, karena Gereja ini merupakan salah satu dari banyak bangunan kuno di Kota Solo. 
Daerah sekitar Gereja Katolik Santo Antonius Purbayan di juga masih ada beberapa bangunan kuno yang masih terjaga keasliannya diantaranya Pasar Gede, Gedung Bank Indonesia, Benteng Vastenburg, Kraton Kasunanan. Gereja Katolik Santo Antonius Purbayan memiliki perbedaan dibandingan pada awal mula pembangunan Gereja ini. Perbedaan yang mencolok adalah sisi dalam Gereja diperlebar tanpa mengurangi sisi historis bangunan ini. ( Wikipedia )