SMA Negeri 1 Semarang

=========================================================
------------------
SMA Negeri (SMAN) 1 Semarang, merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri favorit yang ada di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Terletak di Jalan Taman Menteri Supeno.
Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMAN 1 Semarang ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari
Kelas X sampai Kelas XII,tetapi ada program akselerasi dimana sekolah dapat ditempuh selama 2 tahun. 

Didirikan pada tahun 1949.
Pada tahun 2007, sekolah ini menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sebelumnya dengan KBK.

Sejarah
SMA Negeri 1 Semarang berlokasi di Jalan Taman Menteri Supeno No. 1 Semarang ini merupakan salah satu bangunan kuno bersejarah di kota Semarang. Di bangun antara tahun 1936 – 1938 dan diresmikan tahun 1939. Keberadaan SMA Negeri 1 Semarang tidak lepas dari Sejarah Kota Semarang. Bangunan ini merupakan pengembangan dari H.B.S V (Hogere Burger School) yang telah didirikan sebelumnya di Jalan Pemuda ( SMA Negeri 3 Semarang) diresmikan oleh Gubernur Hindia Belanda Tjarda Van Starkenborg Stahoudi, yang ditandai dengan pesta kembang api yang meriah tahun 1939. tahun 1942 gedung sekolah ini dikuasai oleh tentara pendudukan Jepang dan digunakan sebagai pusat pendidikan militer. Hal ini berlangsung hingga Jepang menyerah kepada sekutu. Setelah Belanda mengambil alih gedung ini. Fungsinya diubah menjadi rumah sakit. Tetapi kemudian pada tahun 1946, fungsi sebagi sekolah dikembalikan lagi. Baru pada tanggal 12 Desember 1949, setelah pemerintah Hindia Belanda menyerahkan kepada pemerintah Republik Indonesia, sekolah ini resmi sebagai sekolah menengah tingkat atas. SMA Negeri 1 Semarang telah mengalami berbagai perubahan dan perkembangan antara lain dengan penambahan ruang – ruang kelas ( tahun 1939 ).( Wikipedia )